Follow @Bakso Kutut untuk mendapatkan hadiah dari kuis2 kami ....

Kamis, 19 Januari 2012

Sumpit Bambu


Tentunya anda yang suka dan hoby makan mie terutama mie ayam tidaklah asing dengan alat yang ditaruh diatas foto mangkok  diatas . Benarrr ... itu adalah sumpit lebih tepatnya sumpit kayu , alat ini digunakan sebagai pelengkap peralatan makan untuk pengganti sendok dan garpu . Budaya sumpit memang bukan asli dari Indonesia , karena mie berasal dari daratan tiongkok maka lebih afdol bila makan menggunakan sumpit . Ada 2 macam sumpit yang sering digunakan , ada yang dari bahan bambu ( seperti diatas ) atau dari bahan plastik ( biasa berwarna hijau atau merah )

Kita akan sedikit mengulas tentang sumpit bambu , karena penggunaannya di pedagang mie ayam . Ada berita yang mengulas tentang sumpit bambu terutama dari negara tertentu tidak diolah dengan standar keamanan yang tinggi . Namun saya yakin ini tidak terjadi untuk produksi sumpit dalam negeri . Namun tidak salahnya untuk sedikit berjaga - jaga karena adanya proses kimia yang dilakukan untuk produksi sumpit . Untuk meminimalkan resiko tersebut , ada kiat kiat yang perlu kita ketahui .


Sebelum dipakai , sebaiknya sumpit bambu dibersihkan dulu dengan cara sbagai beriktu . Jangan buka bungkus plastiknya , posisikan seperti gambar diatas . Dimana kedua tangan dalam posisi siap mlintir .


Kemudian plintir sumpit bersama plastiknya selama beberapa kali  dengan cepat . Usahakan tangan menekan kuat sumpit tersebut hinggg plastiknya sobek . Setelah itu pastikan kondisi sumpit masih bagus , dalam artian tidak ada lubang -lubag atau indikasi warna yang mencurigakan . Demikian tips kecil untuk memakai sumpit kayu semoga bermanfaat .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar