Follow @Bakso Kutut untuk mendapatkan hadiah dari kuis2 kami ....

Minggu, 15 Januari 2012

Bahaya Konsumsi Mie Instant

Mie Instant adalah salah satu makanan paling populer di kalangan masyarakat indonesia , baik karena rasa dan sifat kepraktisan dalam membuatnya . Mungkin anak kecil umur 7 thn pun bisa membuatnya sendiri , bahkan ada juga yang sekali makan bisa sampai 2 bungkus sekaligus . Namun dibalik itu semua sadarkah akan bahaya yang mengancam ??? Karena karena kandungan MSG yang ad didalamnya membaut rasanya menjadi gurih dan terdapat berbagai rasa dari rasa baso sapi , kare ayam dan sebagainya .

Salah satu kisah yang dikutip dari tabloid nova sebagai berikut ;


Usus Dipotong akibat Kebanyakan Mi Instan


Maksud hati membantu suami menambah penghasilan, apa daya anak jadi korban. Akibat kerap eninggalkan buah hatinya, Hilal Aljajira (6), Erna Sutika (32) kini harus menelan pil pahit. Usus Hilal bocor dan membusuk hingga harus dipotong. Rupanya tiap hari Hilal hanya menyantap mi instan karena di rumah tak ada orang yang memasakkan makanan untuknya.

Berikut cerita Erna, saat usia Hilal menginjak 2 tahun, aku memutuskan bekerja, membantu keuangan keluarga mengingat penghasilan suamiku, Saripudin (39), kurang mencukupi kebutuhan keluarga. Aku bekerja di perusahaan pembuat bulu mata palsu, tak jauh dari rumah kami di Garut. Setiap berangkat kerja, Hilal kutitipkan kepada ibuku. Di situ, ibuku kerap memberinya mi instan. Bukan salah ibuku, sih, karena sebelumnya, aku juga suka memberinya makanan itu jika sedang tidak masak. Ternyata, Hilal jadi “tergila-gila” makanan itu. Ia akan mengamuk dan mogok makan jika tak diberi mi instan. Ya, daripada cucunya kelaparan, ibuku akhirnya hanya mengalah dan menuruti kemauan Hilal. Lagi pula, kalau tidak diberi, Hilal pasti akan membeli sendiri mi instan di warung dekat rumah dengan uang jajan yang kuberikan. Praktis, sehari dua kali ia makan mi instan.

Nah kisah diatas hanyalah sebagian kecil kasus mie instan , masih banyak lagi kisah yang belum terungkap akibat bahaya mie instan. Peringatan bagi kita semua bahwa Mie Instan tidak boleh dimasak bersamaan dengan bumbunya karena MSG yang terkandung didalamnya bila dimasak diatas suhu 120°C akan berpotensi menjadi Karsinogen Pembawa Kanker. Perhatikan prosedur penyajian pada bungkus Mie Instan, semua menganjurkan agar masak mie dulu baru ditaburi bumbu atau bumbunya di taruh di mangkok” . 

Dalam perkembangannya ada beberapa produsen rumahan yang menyediakan mie sehat dengan berbahan campuran dari sayuran dengan menggunakan minyak bawang sebagai pengganti minyak hewani . Salah satunya adalah Mie Sehat Cibeber yang berada di salah satu Pusat Kuliner Cilegon , The Level yang menyajikan mie sehat secara periodik . Bila anda orang cilegon tidak ada salahnya untuk mencoba mie sehat ini sebagai alternatif mie instant .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar