Follow @Bakso Kutut untuk mendapatkan hadiah dari kuis2 kami ....

Jumat, 13 Mei 2011

Krakatau Junction 11 - 15 Mei 2011

Berawal dari keinginan saya untuk jualan di Krakatau Junction ... dan alhamdulillah berkat support dr rekan Dicky yang sering buat event disana , saya dihubungkan dengan Mas Gondrong dan Mas Alam ... keduanya adalah pegawai Primkokas yang meng-handle  event2 di Krakatau Junction . Gayung bersambut , saya di berikan kesempatan untuk mengikuti bazaar rutin  di sana . Sebelum memberikan persetujuan ikut , saya mencoba menanyakan kepada rekan yg sudah lebih berpengalaman yaitu Ibu Sandra ( pemilik Sop Duren PW ) ... dengan tegas beliau menganjurkan kepada saya .. " Mas Agung , jangan takut untuk ikut event ... kalau tidak untung ya itung2 kita promosi ke konsumen " ... Kl sudah dikompori kayak begitu tidak alasan untuk tidak ikut .... Sebenarnya saya juga belum mengetahui situasi disana , namun seperti yang saya pelajari , jualan itu modalnya keyakinan , doa dan sedekah .. selanjutnya urusan Allah SWT ....  Khusus untuk rekan baru saya Ibu May , jangan takut untuk buka usaha kuliner bu . Saya siap support 100% untuk sharing2 ilmu perkulineran , walaupun saya juga masih perlu belajar banyak . Bedanya saya berani melangkah dulu ..hehehhehehe





Tgl 11 Mei 2011
Nah , yang diatas adalah foto stan kami diambil dari belakang ... Bisa dilihat khan tulisan Krakatau Junction ....Cerita - cerita di hari pertama adalah sbb , hari pertama adalah awal dari suatu keyakinan atas kesuksesan jualan anda , bila hari pertama sudah melempem anda harus siap2 memikirkan trik2 untuk meramaikan stand anda .... Terus terang hari pertama , branding strategy saya hanya menngandalkan spanduk kecil diepan stand . Mungkin dibantu dengan traffik flow yang  cukup banyak dan posisi yang terlihat dari supermarket KJ sehingga jualan kami merambat naik dari waktu ke waktu ... Sempat ngobrol dengan beberapa konsumen , alhamdulillah banyak masukan dan respon positifnya . Demikian juga konsumen2 yang sudah pernah mencoba terutama dari event di al Azhar , terima kasih atas kunjungannya .... Dan Syukur alhamdulillah jualan kami ludes sebelum maghrib ... senang rasanya bisa terjual habis ...... Point pada hari pertama yang ingin saya share dengan tmn2 terutama yang punya bisnis kuliner ... jangan pernah takut ikut pameran/bazaar krn pada dasarnya kuliner bisa masuk ke semua acara tersebut .... Yang penting anda punya selling point tinggi , keunikan tersendiri  dengan produk lain  ....

Tgl 12 Mei 2011
Judulnya ... The Power Of Gift ..... Sebuah pembuktian terhadap kalimat yang sering saya baca di buku, " The Power Of Gift " .... Ceritanya begini , hari kedua penjualan agak seret ... sampai jam 17.00 stock mie ayam masih ada 30 porsi  berarti baru terjual setengahnya ... Saya mondar - mandir mikirin gimana bisa terjual habis , krn mie ini tidak bisa disimpan krn pasti basi ... Setelah sholat maghrib tercetus ide untuk memberikan mie gratis ke satpam dan penjaga mushola . Total yang saya berikan 8 porsi ..... berarti sisa 22 porsi lagi .... Tanpa terduga ada pesanan masuk baik dari stan CNI ( 5 porsi ) , Cafe Gayatri ( 4 porsi ) dan para pengunjung Krakatau Junction  .... Alhamdulillah dalam tempo 1 jam , mie ayam ludes ..... Alhamdulillah .... Demikian share cerita ini , untuk hari ketiga tetap semangat ..

Tgl 13 Mei 2011
Semangat berbagi adalah kunci untuk hari ini ...... Ceritanya  hampir sama dengan kemarin , cuma memang hari ini mie tidak habis terjual ... Sisa 10 pcs , setelah maghrib masih tersisa sekitar 20 porsi ... Pengunjung KJ juga lebih sedikit padahal hari Jum'at .....Perasaan saya menunjukan bahwa tdk ada perkembangan lagi , sehingga saya putuskan untuk bungkus 10 porsi ..... Setelah itu saya berjalan ke samping KJ , disittu tempat berkumpul ojekers dan becakers .... Kmd saya mohon ijin memberikan mie ayam tersebut , alhamdulillah diterima dengan ikhlas ... Semoga makanan tersebut berkah untuk saudara ojekers dan becakers ..... SEMANGAT ...

Tgl 14 Mei 2011
HAri keempat adalah hari paling berat , disamping tuntutan unt meramaikan stan dan waktu tutup jga harus lebih awal krn kita pengin mengejar jualan di minggu pagi ... Sampai mau tutupun masih tersisa 20an porsi yg tidak terjual . Disini mental kita sebagai pengusaha diuji , apabila anda tidak dapat mengambil nilai positif dari sana maka anda tidak akan bisa belajar . Walaupun ada yg tidak terjual , yang penting eksis hehehehhe

Tgl 15 Mei 2011
Merupakan hari terakhir kami ikut bazaar di KJ , harapan kami tentunya jualan kami dr sambutan baik dr pengunjung . Dimulai dengan promo 20 porsi pertama gratis , animo pengunjung yang malu2 mulai banyak yg berdatangan .... sampai batas 20 porsi masih banyak yg dtang ... Salah satunya  seorang ibu yang mencoba mie ayam hijau dan orange , komentar beliau " enak mas mienya " .. Alhamdulillah respon yg sangat positif untuk kami , kemudian beliau bungkus 4 porsi skaligus .... Namun diluar dugaan saya , dimana ntnya para pengunjung KJ akan keluar lewat pintu utama .. ternyata salah besar karena sebagian besar keluar lewat pintu belakang ... Stl saya cek kebelakang , ternyata banyak orang2 yg berkumpul di belakang .... Hmmm , salah posisi nih hehehheheh . Namun bila kita tidak jualan pagi hari itu pasti tidak tau posisi yg baik ...

Kesimpulan event KJ :
1. Keuntungan finansial tidak terlalu besar , namun keuntungan pengenalan produk ke konsumen baru semakin banyak ..

2. Respon positif dan membangun banyak disampaikan dari konsumen baru , sehingga dapat menjadi pelajaran berharga untuk kami

3. Menjadi lebih tau bagaimana kita menjual di sebuah event ....

Bukan suatu masalah anda akan jualan apa , yang penting anda tau bagaimana anda akan menjualnya ....Salam Sukses dan  Merdeka ....

Supported by 
Entrepreneur University dan Kuliner University 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar